Senin, 03 September 2012

Definisi Humas dan Penekanannya


Definisi Humas dan Penekanannya

1.      Hubungan Masyarakat, adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu / organisasi. 
Penekanannya adalah agar adanya saling pengertian antar suatu individuatau organisasi tertentu.

2.      Humas adalah kegiatan komunikasi dalam organisasi yang berlangsung dua arah dan timbal balik. 
Penenkanannya yaitu adanya komunikasi yang baik yaitu komunikasi dua arah di dalam masyarakat tertentu.

3.      Scott M. Cutlip dan Allen H. Center                                                                                          
Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
Penekanannya yaitu memanajamen sikap suatu individu atau organisasi didalam masyarak guna melakukan suatu program atau kegiatan tertentu.

4.      J.C.Seidel
Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
Penenkanannya terletak pada sikap individu atau organisasi untuk selalu mengadakan perbaikan diri menjadi lebih baik.

5.      W. Emerson Reck
Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penetuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka.
Penekanannyayaitu untuk dapat bersikap yang sesuai dengan kepentingan orang-orang disekitar guna mendapat kepercayaan dari mereka.

6.      Cutlip, Center, dan Broom
Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.
Penekanannya yaitu manajamen yang memprtahankan hubungan baik antar masyarakat.

7.      The British Institute of Public Relation
Humas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.
Penekanannya yaitu berusaha untuk membina hubungan yang baik dalam suatu organisasi.

8.      Frank Jeffkins
Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.
Penekanannya yaitu agarr senaniasa membentuk komunikasi yang baik antar anggota suatu organisasi guna mencapai tujuan bersama.

Apakah Humas dan PR itu berbeda atau sama ?

Humas dan Public Relations itu sesungguhnya berbeda. Alasannya di Indonesia, sekrang ini sudah seringkali istilah PR digunakan dalam perusahaan menggantikan istilah Humas yang biasa dikenal oleh masyarakat Kita seringkali mengartikan keduanya sama, padahal jelas berbeda

Humas ataupun sering di sebut sebagai Hubungan Masyarakat, menjalankan fungsi dan wewenang yang berbeda dengan PR, Humas hanya seorang person dalam perusahaan yang menyalurkan informasi searah. Perusahaan  Masyarakat tanpa ada niatan untuk membentuk opini publik ataupun melakukan komunikasi dua ara dengan meminta feed back dari khalayak.

Humas juga belum tentu melaksanakan konsep Ivy Ledbetter Lee sebagai founding father PR dalam tugasnya, misal konsep Lee terkait kedudukan PR yang sejajar dengan level Top Management, humas dalam hal ini tidak mungkin berada dan sangat jarang ditemui dalam posisi tersebut.

Kemudian, konsep kedua dari Lee adalah PR diberi kebebasan untuk berprakarsa dalam memberikan informasi secara terbuka pada masyarakat, Humas disinipun belum tentu belum tentu mempunyai kebebasan dalam memberikan informasi yang diberikan, jadi jika PR mempunyai wewenang untuk mengelola informasi dan menggagasnya secara langsung, Humas tinggal melakukan hal teknis saja.

Sejalan Tapi Tak Sama
Ungkapan itu kiranya tepat untuk menggambarkan kondisi Humas dan PR sekarang, satu namun dua, sejalan namun tidak sama. Maksudnya, PR dan Humas memiliki sebuah wadah bernama komunikasi, segala jenis kegiatan yang dilakukannyapun terkait dengan komunikasi hanya saja PR dan humas mempunyai rule dan alur penyampaian pesan yang berbeda.

PR, lebih mempunyai makna secara harfiah yang jauh lebih luas dibandingkan Humas, Public Relations kata s yang berada dibelakang PR itu diartikan sebagai sebuah bentuk jamak, jadi saya menyimpulkan jika kita berbicara sekup ataupun ranah Humas dan PR maka, saya berfikiran Humas itu berada pada lingkaran besar PR, Humas merupakan salah satu bagian saja dari keseluruhan kerja PR, karena hanya satu bagian dari PR saja itu Humas tidak bisa disebut PRKemudian dilihat dari aspek fungsi PR, ini akan terlihat berbeda pula, PR melaksanakan fungsi ditataran manajemen sedangkan Humas ditataran teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar