Senin, 03 September 2012

PROPOSAL KEGIATAN KEHUMASAN


DASAR-DASAR HUMAS
PROPOSAL KEGIATAN KEHUMASAN


SOSIALISASI PROGRAM “LASKAR TAMENG” LASKAR TARUNA MEKAR NOGOTIRTO PT. TARUNA MEKAR
1.      Latar Belakang
PT. Taruna Mekar merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang produksi alat-alat rumah tangga yang berbahan dasar plastik, mineral logam, dan alat elektronik. Sampai saat ini PT. Taruna Mekar telah memproduksi lebih kurang 15 (lima belas) macam produk. Yaitu piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas, ember, blender, mixer, rice cooker, panci, wajan, tempat minum, dan semacamnya dari bahan dasar yang berbeda-beda.
PT. Taruna Mekar telah berdiri sejak tahun 1980. Menginjak umurnya yang ke-30 ini PT. Taruna Mekar merasa bahwa kontribusi terhadap masyarakat terutama masyarakat sekitar sangat kurang.

2.      Analisis Permasalahan
Setelah terjadinya ancaman krisis ekonomi yang mengancam keberadaan perusahaan sejak tahun 2008, maka konsistensi perusahaan di bidang hubungan dengan masyarakat sangat menurun. Sejajar dengan kurva pendapatan yang juga turut menurun selama lebih kurang 2 (dua) tahun terakhir.
Selama itu pula masyarakat Nogotirto yang merupakan masyarakat disekitar daerah Pabrik, merasa kurang diperhatikan oleh PT. Taruna Mekar. Perusahaan ini selama berdiri belum pernah mengalami kejadian seperti ini. Hal ini murni karena ancaman keadaan ekonomi yang terjadi beberapa tahun terakhir.
Masyarakat Nogotirto menganggap bahwa PT. Taruna Mekar hanya mengambil keuntungan dari keberadaannya di kawasan Nogotirto tanpa adanya kontribusi terhadap masyarakat. Setidaknya selama dua tahun terakhir. PT. Taruna Mekar dianggap mengabaikan kesulitan ekonomi yang dihadapi warga juga permasalahan sosial yang terjadi dan berkembang di masayarakat. Yang tersebut mendorong warga untuk melakukan tiga kali demonstrasi kepada PT. Taruna Mekar selama rentang waktu 2 (dua) tahun.
Berdasarkan survei yang telah dilakukan ditemukan fakta bahwa sebagian besar warga Nogotirto dengan rentang umur di atas 30 tahun memiliki pendidikan yang cukup rendah. Juga produktifitas yang juga sangat minim.
Melihat fakta di atas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh PT. Taruna Mekar dalam hubungannya dengan masyarakat sekitar merupakan masalah konsistensi Costumer Social Responsibility (CSR) menjaga situasi dan kondisi masyarakat.
Setelah melewati ancaman krisis ekonomi, kini PT. Taruna Mekar, bertepatan dengan perayaan 30 tahunnya, akan mengembalikan image perusahaan di mata masyarakat sekitar. Sebagaimana telah terjaga selama lebih dari 25 tahun beridi.

3.      Tujuan
Sebagaimana latar belakang dan analisis permaslahan yang telah dijelaskan di atas, maka kegiatan ini bertujuan utama membentuk masyarakat mandiri dan produktif. Agar apabila kejadian serupa terulang perusahaan tidak menanggung baban moral kepada masyarakat terlalu tinggi. Mengingat bahwa tujuan akhir kegiatan ini masyarakat dapat mandiri dalam melaksanakan kegiatan dan memenuhi kebutuhan  sehari-harinya. Serta meningkatkan tingkat produktifitas masyarakat.
Selain itu kegiatan ini memiliki tujuan sekunder yaitu mengembalikan citra perusahaan di mata masyarakat yang selama lebih dari 25 tahun berdiri tidak pernah mengalami kemunduran seperti ini dalam hubungannya dengan masyarakat. Sekali lagi hal ini murni terjadi karena ancaman krisis ekonomi yang terjadi beberapa tahun terakhir.

4.      Sasaran Program
Masyarakat Nogotirto merupakan masyarakat dengan banyak latar belakang ekonomi dan sosial. Oleh karena itu PT. Taruna Mekar memfokuskannya pada sasaran untuk keluarga ekonomi menengah kebawah. Dengan total penduduk 1677 jiwa, dapat dijabarkan dengan tabel berikut:
NO
Indikator
Jumlah Penduduk
1
Penduduk Asli
1523
2
Pendatang
34
3
Mess Karyawan PT. Taruna Mekar
120
Dari tabel di atas dijabarkan kembali sesuai dengan taraf ekonomi penduduk asli Nogotirto sebagai sasaran utama kegiatan ini. Karena penduduk lain yang berupa pendatang merupakan penduduk tidak tetap (sesuai survei) dan karyawan tidak termasuk dalam sasaran program yang bersifat ekstern ini.
NO
Indikator
Jumlah Kepala Keluarga
Jumlah Penduduk
1
Mampu
44
264
2
Menengah
89
534
3
Kurang Mampu
76
456
4
Miskin
90
269
 Dari tabel di atas diketahui bahwa target sasaran kegiatan totalnya 1259 jiwa. Dari angka tersebut dikerucutkan kembali menjadi jumlah jiwa dengan usia produktif dengan rentang umur 31 – 50 tahun. Yang merupakan sasaran utama program ini.
NO
Rentang Umur
Jumlah Penduduk
1
0-10    tahun
277
2
11-30  tahun
523
3
31-50  tahun
225
4
>51     tahun
234
 Jadi ada 225 orang yang akan mendapatkan program ini.

5.      Program “LASKAR TAMENG”
Dalam rangka mewujudkan tujuan dari kegiatan ini, PT. Taruna Mekar mengadakan sebuah rangkaian kegiatan yang diberi nama “LASKAR TAMENG” yang merupakan akronim dari Laskar Taruna Mekar Nogotirto. Sebuah rangkaian kegiatan yang menggunakan ideologi empowering atau pemberdayaan. Dimana masyarakat akan diberdayakan sekaligus dikembangkan jiwa enterpreneurship-nya dan unsur kualitas hidup lainnya.
Dalam program ini terdapat 3 (tiga) tahapan yaitu bimbingan, pelaksanaan, dan mandiri jangka panjang. Pada tahap bimbingan, sasaran utama program akan mendapatkan bimbingan kewirausahaan dengan pemateri profesional dan sangat menginspirasi. Pada tahap ini pula tidak hanya materi kewirausahaan tetapi juga materi peningkatan kualitas hidup seperti pembinaan mental, spiritual, sikap hidup, dan sebagainya.
Tahap kedua yaitu pelaksanaan. Pada tahap ini sasaran utama akan mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan materi kewirausahaan yang telah didapatkan pada tahap bimbingan. Pada tahap ini pula sasaran utama akan diberikan insentif berupa materi usaha  baik dana maupun benda usaha yang sifatnya dipinjamkan tanpa tambahan bunga apapun. Justru sasaran utama akan diberikan subsidi berupa benda usaha yang asalnya dari hasil produksi PT. Taruna Mekar. Bahkan PT. Taruna mEkar akan bekerja sama dengan beberapa wirausaha frachaise yang ada di area Yogyakarta.
Tahap ketiga yaitu mandiri jangka panjang. Dalam tahap ini masyakarakat sebagai sasaran utama telah siap mandiri diseluruh aspek sebagaimana telah diberikan pada tahap bimbingan. Terutama dari segi ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik. Atau bahkan kemampuan ini bisa dikembangkan secara kolektif oleh seluruh warga Nogotirto. Pada tahap ini pula akan diadakan pengawasan terhadap kemajuan proses usaha warga.
Berikut jadwal pelaksanaan kegiatan.
NO
Nama Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Pengisi Acara
1
Sosialisasi Tahap 1
3 Juli 2010
08.00 – 13.00 wib
Tim Humas
2
Sosialisasi Tahap 2
4 Juli 2010
08.00 – 13.00 wib
Tim Humas
3
Masa Pengumpulan
Peserta
5-8 Juli 2010
08.00 – 16.00 wib
Tim Humas
4
Materi 1 Wirausaha
11 Juli 2010
08.00 – 10.00 wib
Drs. Bambang Subagyo (Direktur Pemasaran PT. Taruna Mekar)
Materi 1 ESQ

10.00 – 11.00 wib
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga ESQ Al-Mukaromah)
Materi 1 Motivasi

11.00 – 12.00 wib
Taufik Sirajudin
Pendiri Frachaise Mendem Duren
5
Materi 2 Wirausaha
18 Juli 2010
08.00 – 10.00 wib
Drs. Bambang Subagyo (Direktur Pemasaran PT. Taruna Mekar)
Materi 2 ESQ

10.00 – 11.00 wib
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga ESQ Al-Mukaromah)
Materi 2 Motivasi

11.00 – 12.00 wib
Yoyok Hery Wahyono (Pendiri Frachaise Warung SS)
6
Materi 3 Wirausaha
25 Juli 2010
08.00 – 10.00 wib
Dr Faisal Basri (pengamat Ekonomi)
Materi 3 ESQ

10.00 – 11.00 wib
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga ESQ Al-Mukaromah)
Materi 3 Motivasi

11.00 – 12.00 wib
Firmansyah (Pendiri Tela Krezz)
7
Materi 4 Wirausaha
1 Agustus 2010
08.00 – 10.00 wib
Drs. Bambang Subagyo (Direktur Pemasaran PT. Taruna Mekar)
Materi 4 ESQ

10.00 – 11.00 wib
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga ESQ Al-Mukaromah)
Materi 4 Motivasi

11.00 – 12.00 wib
Saptuari Sugiharto (Pendiri Kedai Digital)
8
Materi 5 ESQ
8 Agustus 2010
8.00 – 10.00 wib
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga ESQ Al-Mukaromah)
Materi 5 Motivasi

10.00 – 12.30 wib
Mas Fakhrudin Akhrozi (Mahasiswa Perikanan UGM yang membuat Kerajinan Kulit Ikan Pari), Mas Margianto (Mahasiswa Biologi UGM yang membuat Burjo Instan, Baso Bekicot, Nata de Cassava dari ubi kayu), dan Mas Indra Hariadi (Mahasiswa Ilmu Komputer pemilik Dojo Hotspot)
Penutupan Bimbingan

12.3 0 – 13.30 wib
Drs. Sudibyo,SE, MM (Direktur Utama PT. Taruna Mekar)
, Tim Humas
9
Masa Pembagian Insentif
9 – 13 Agustus 2010
08.00 – 16.00
Tim Humas
10
Masa Pelaksanaan, Pengawasan, dan Evaluasi 1
15 Agustus – 19 September 2010

Tim Humas
11
Silaturahmi, Pemberian penghargaan, dan inagurasi “Laskar Tameng”
26 Sepember 2010
09. 00 – 13.30 wib
PT. Taruna Mekar
12
Masa Pengawasan dan Evaluasi 2
Sejak inagurasi sampai pelaksanaan Program selanjutnya


13
Rapat Evaluasi Tim Humas dan Direksi
28 September 2010



6.      Rencana Anggaran
No
BIDANG/HAL
Qty
Nominal
Jumlah
I
KESEKRETARIATAN



1
Kop Surat, amplop, alat tulis             
-
Rp     150.000,00
Rp      150.000,00
2
Penggandaan Proposal      
-
Rp     120.000,00
Rp      120.000,00
3
Printing                
-
Rp     115.000,00
Rp      115.000,00
4
Foto kopi dan jilid                             
-
Rp     125.000,00
Rp      125.000,00
5
Cocard panitia dan peserta
250
Rp         1.000,00
Rp      250.000,00
Total


Rp     760.000,00
II
KEUANGAN



1
Administrasi keuangan      
-
Rp     200.000,00
Rp      200.000,00
Total


Rp      200.000,00
III
ACARA DAN PROGRAM



1
Sertifikat               
250
Rp         3.000,00
Rp     750.000,00
2
Materi Pertemuan Teknis   
-
Rp     500.000,00
Rp     500.000,00
3
Honor  Pembicara Wirausaha
2
Rp  8.000.000,00
Rp 16.000.000,00
4
Honor Pembicara ESQ
1
Rp  6.000.000,00
Rp   6.000.000,00
5
Honor Pembiacara Motivasi 1
4
Rp  1.500.000,00
Rp   6.000.000,00
6
Honor Pembicara Motivasi 2
3
Rp     750.000,00
Rp   2.250.000,00
7
Insentif
225
Rp  2.000.000,00
Rp450.000.000,00
8
Inagurasi
1
Rp100.000.000,00
Rp100.000.000,00
Total


Rp581.500.000,00
IV
LOGISTIK



1
Sewa Gedung                                       
7
Rp     700.000,00
Rp  4.900.000,00
2
Sound System                         
1
Rp 4.000.000,00
Rp  4.000.000,00
3
Spanduk acara                         
2
Rp      75.000,00
Rp     150.000,00
4
Dekorasi                                
-
Rp 1. 200.000,00
Rp  1.200.000,00
5
Publikasi dan Dokumentasi
-
Rp  2.000.000,00
Rp  2.000.000,00
6
Keamanan
2×3
Rp      25.000,00
Rp     150.000,00
7
Kebesihan                            
-
Rp     275.000,00
Rp     275.000,00
8
Konsumsi Sosialisasi (snack)
7 x 250
Rp        3.000,00
Rp  5.250.000,00
9
Konsumsi Sosialisasi (makan siang)
7x 250
Rp        7.000,00
Rp 12.250.000,00
10
Konsumsi pembicara (snack)
15
Rp      10.000,00
Rp     150.000,00
11
Konsumsi pembicara (makan siang)
15
Rp      12.000,00
Rp     180.000,00
12
Rapat Evaluasi
-
Rp 1.500.000,00
Rp  1.500.000,00
Total


Rp32.005.000,00
TOTAL KESELURUHAN


Rp614.465.000,00
Keterangan :
Seluruh dana akan dikeluarkan oleh PT. Taruna Mekar dari Anggaran Belanja Tahunan 2010 sebesar Rp 614.465.000,00. Namun perusahaan akan mendapatkan pengembalian dari nilai insentif Rp 450.000.000,00 sebesar lebih kurang Rp 405.000.000,00. Laporan lebih rinci akan dijelaskan oleh bagian keuangan.

7.      Evaluasi Program
Setelah pelaksanaan kegiatan “LASKAR TAMENG” selesai sebagaimana jadwal yang telah terbentuk, maka Tim Humas akan mengadakan evaluasi bertahap, di antaranya ada tiga tahap utama. Pertama, tahap pengawasan jangka pendek (Evaluasi 1/basic level). Kedua, tahap pengawasan jangka menengah (Evaluasi 2/ intermediate level). Dan ketiga, tahap pengawasan jangka panjang (Evaluasi 3/ advance level), yang merupakan tahap pengawasan jalannya usaha masyarakat secara tidak langsung sampai dengan dilaksanakannya program serupa di waktu yang akan datang.
Indikator keberhasilan tentu saja sesuai dengan tujuan yang ada yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat dan kualitas hidup masyarakat. Evaluasi disini menggunakan bentuk evaluasi kehumasan  dan perusahaan. Secara perusahaan yang dievaluasi adalah keuntungan yang di dapatkan (cost efficiency) dan keberhasilan tujuan. Secara kehumasan evaluasi akan fokus pada goal achievment, measurement of improvement and results, unplaned results dan unarticulated hope.

8.      Penutup
Semoga terselenggaranya Sosialisasi dan Pelaksanaan Program “LASKAR TAMENG” yang diselenggarakan oleh PT. Taruna Mekar ini dapat mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi warga dan kualitas hidup masyarakat Nogotirto, Sleman, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar