DASAR-DASAR HUMAS
PROPOSAL KEGIATAN KEHUMASAN
SOSIALISASI PROGRAM “LASKAR TAMENG” LASKAR
TARUNA MEKAR NOGOTIRTO PT. TARUNA MEKAR
1.
Latar Belakang
PT. Taruna Mekar merupakan perusahaan multinasional
yang bergerak dibidang produksi alat-alat rumah tangga yang berbahan dasar
plastik, mineral logam, dan alat elektronik. Sampai saat ini PT. Taruna Mekar
telah memproduksi lebih kurang 15 (lima belas) macam produk. Yaitu piring,
mangkuk, sendok, garpu, gelas, ember, blender, mixer, rice cooker, panci,
wajan, tempat minum, dan semacamnya dari bahan dasar yang berbeda-beda.
PT. Taruna Mekar telah berdiri sejak tahun 1980.
Menginjak umurnya yang ke-30 ini PT. Taruna Mekar merasa bahwa kontribusi
terhadap masyarakat terutama masyarakat sekitar sangat kurang.
2.
Analisis Permasalahan
Setelah terjadinya ancaman krisis ekonomi yang
mengancam keberadaan perusahaan sejak tahun 2008, maka konsistensi perusahaan
di bidang hubungan dengan masyarakat sangat menurun. Sejajar dengan kurva
pendapatan yang juga turut menurun selama lebih kurang 2 (dua) tahun terakhir.
Selama itu pula masyarakat Nogotirto yang merupakan
masyarakat disekitar daerah Pabrik, merasa kurang diperhatikan oleh PT. Taruna
Mekar. Perusahaan ini selama berdiri belum pernah mengalami kejadian seperti
ini. Hal ini murni karena ancaman keadaan ekonomi yang terjadi beberapa tahun
terakhir.
Masyarakat Nogotirto menganggap bahwa PT. Taruna Mekar
hanya mengambil keuntungan dari keberadaannya di kawasan Nogotirto tanpa adanya
kontribusi terhadap masyarakat. Setidaknya selama dua tahun terakhir. PT.
Taruna Mekar dianggap mengabaikan kesulitan ekonomi yang dihadapi warga juga
permasalahan sosial yang terjadi dan berkembang di masayarakat. Yang tersebut
mendorong warga untuk melakukan tiga kali demonstrasi kepada PT. Taruna Mekar
selama rentang waktu 2 (dua) tahun.
Berdasarkan survei yang telah dilakukan ditemukan
fakta bahwa sebagian besar warga Nogotirto dengan rentang umur di atas 30 tahun
memiliki pendidikan yang cukup rendah. Juga produktifitas yang juga sangat
minim.
Melihat fakta di atas dapat disimpulkan bahwa
permasalahan yang dihadapi oleh PT. Taruna Mekar dalam hubungannya dengan
masyarakat sekitar merupakan masalah konsistensi Costumer Social Responsibility
(CSR) menjaga situasi dan kondisi masyarakat.
Setelah melewati ancaman krisis ekonomi, kini PT.
Taruna Mekar, bertepatan dengan perayaan 30 tahunnya, akan mengembalikan image
perusahaan di mata masyarakat sekitar. Sebagaimana telah terjaga selama lebih
dari 25 tahun beridi.
3.
Tujuan
Sebagaimana latar belakang dan analisis permaslahan
yang telah dijelaskan di atas, maka kegiatan ini bertujuan utama membentuk
masyarakat mandiri dan produktif. Agar apabila kejadian serupa terulang
perusahaan tidak menanggung baban moral kepada masyarakat terlalu tinggi.
Mengingat bahwa tujuan akhir kegiatan ini masyarakat dapat mandiri dalam
melaksanakan kegiatan dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Serta
meningkatkan tingkat produktifitas masyarakat.
Selain itu kegiatan ini memiliki tujuan sekunder yaitu
mengembalikan citra perusahaan di mata masyarakat yang selama lebih dari 25
tahun berdiri tidak pernah mengalami kemunduran seperti ini dalam hubungannya
dengan masyarakat. Sekali lagi hal ini murni terjadi karena ancaman krisis
ekonomi yang terjadi beberapa tahun terakhir.
4.
Sasaran Program
Masyarakat Nogotirto merupakan masyarakat dengan
banyak latar belakang ekonomi dan sosial. Oleh karena itu PT. Taruna Mekar
memfokuskannya pada sasaran untuk keluarga ekonomi menengah kebawah. Dengan
total penduduk 1677 jiwa, dapat dijabarkan dengan tabel berikut:
NO
|
Indikator
|
Jumlah
Penduduk
|
1
|
Penduduk Asli
|
1523
|
2
|
Pendatang
|
34
|
3
|
Mess Karyawan PT. Taruna Mekar
|
120
|
Dari tabel di atas dijabarkan kembali sesuai dengan
taraf ekonomi penduduk asli Nogotirto sebagai sasaran utama kegiatan ini.
Karena penduduk lain yang berupa pendatang merupakan penduduk tidak tetap (sesuai
survei) dan karyawan tidak termasuk dalam sasaran program yang bersifat ekstern
ini.
NO
|
Indikator
|
Jumlah
Kepala Keluarga
|
Jumlah
Penduduk
|
1
|
Mampu
|
44
|
264
|
2
|
Menengah
|
89
|
534
|
3
|
Kurang Mampu
|
76
|
456
|
4
|
Miskin
|
90
|
269
|
Dari tabel di atas diketahui bahwa target
sasaran kegiatan totalnya 1259 jiwa. Dari angka tersebut dikerucutkan kembali
menjadi jumlah jiwa dengan usia produktif dengan rentang umur 31 – 50 tahun.
Yang merupakan sasaran utama program ini.
NO
|
Rentang
Umur
|
Jumlah
Penduduk
|
1
|
0-10
tahun
|
277
|
2
|
11-30
tahun
|
523
|
3
|
31-50
tahun
|
225
|
4
|
>51
tahun
|
234
|
Jadi ada 225 orang yang akan mendapatkan program
ini.
5.
Program “LASKAR TAMENG”
Dalam rangka mewujudkan tujuan dari kegiatan ini, PT.
Taruna Mekar mengadakan sebuah rangkaian kegiatan yang diberi nama “LASKAR
TAMENG” yang merupakan akronim dari Laskar Taruna Mekar Nogotirto. Sebuah
rangkaian kegiatan yang menggunakan ideologi empowering atau
pemberdayaan. Dimana masyarakat akan diberdayakan sekaligus dikembangkan jiwa
enterpreneurship-nya dan unsur kualitas hidup lainnya.
Dalam program ini terdapat 3 (tiga) tahapan yaitu
bimbingan, pelaksanaan, dan mandiri jangka panjang. Pada tahap bimbingan,
sasaran utama program akan mendapatkan bimbingan kewirausahaan dengan pemateri
profesional dan sangat menginspirasi. Pada tahap ini pula tidak hanya materi
kewirausahaan tetapi juga materi peningkatan kualitas hidup seperti pembinaan
mental, spiritual, sikap hidup, dan sebagainya.
Tahap kedua yaitu pelaksanaan. Pada tahap ini sasaran
utama akan mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan materi kewirausahaan
yang telah didapatkan pada tahap bimbingan. Pada tahap ini pula sasaran utama
akan diberikan insentif berupa materi usaha baik dana maupun benda usaha
yang sifatnya dipinjamkan tanpa tambahan bunga apapun. Justru sasaran utama
akan diberikan subsidi berupa benda usaha yang asalnya dari hasil produksi PT.
Taruna Mekar. Bahkan PT. Taruna mEkar akan bekerja sama dengan beberapa
wirausaha frachaise yang ada di area Yogyakarta.
Tahap ketiga yaitu mandiri jangka panjang. Dalam tahap
ini masyakarakat sebagai sasaran utama telah siap mandiri diseluruh aspek
sebagaimana telah diberikan pada tahap bimbingan. Terutama dari segi ekonomi
dan kualitas hidup yang lebih baik. Atau bahkan kemampuan ini bisa dikembangkan
secara kolektif oleh seluruh warga Nogotirto. Pada tahap ini pula akan diadakan
pengawasan terhadap kemajuan proses usaha warga.
Berikut jadwal pelaksanaan kegiatan.
NO
|
Nama
Kegiatan
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Pengisi
Acara
|
1
|
Sosialisasi Tahap 1
|
3 Juli 2010
|
08.00 – 13.00 wib
|
Tim Humas
|
2
|
Sosialisasi Tahap 2
|
4 Juli 2010
|
08.00 – 13.00 wib
|
Tim Humas
|
3
|
Masa Pengumpulan
Peserta
|
5-8 Juli 2010
|
08.00 – 16.00 wib
|
Tim Humas
|
4
|
Materi 1 Wirausaha
|
11 Juli 2010
|
08.00 – 10.00 wib
|
Drs. Bambang Subagyo (Direktur
Pemasaran PT. Taruna Mekar)
|
Materi 1 ESQ
|
|
10.00 – 11.00 wib
|
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga
ESQ Al-Mukaromah)
|
|
Materi 1 Motivasi
|
|
11.00 – 12.00 wib
|
Taufik Sirajudin
Pendiri Frachaise Mendem Duren
|
|
5
|
Materi 2 Wirausaha
|
18 Juli 2010
|
08.00 – 10.00 wib
|
Drs. Bambang Subagyo (Direktur
Pemasaran PT. Taruna Mekar)
|
Materi 2 ESQ
|
|
10.00 – 11.00 wib
|
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga
ESQ Al-Mukaromah)
|
|
Materi 2 Motivasi
|
|
11.00 – 12.00 wib
|
Yoyok Hery Wahyono (Pendiri
Frachaise Warung SS)
|
|
6
|
Materi 3 Wirausaha
|
25 Juli 2010
|
08.00 – 10.00 wib
|
Dr Faisal Basri (pengamat Ekonomi)
|
Materi 3 ESQ
|
|
10.00 – 11.00 wib
|
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga
ESQ Al-Mukaromah)
|
|
Materi 3 Motivasi
|
|
11.00 – 12.00 wib
|
Firmansyah (Pendiri Tela Krezz)
|
|
7
|
Materi 4 Wirausaha
|
1 Agustus 2010
|
08.00 – 10.00 wib
|
Drs. Bambang Subagyo (Direktur
Pemasaran PT. Taruna Mekar)
|
Materi 4 ESQ
|
|
10.00 – 11.00 wib
|
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga
ESQ Al-Mukaromah)
|
|
Materi 4 Motivasi
|
|
11.00 – 12.00 wib
|
Saptuari Sugiharto (Pendiri Kedai
Digital)
|
|
8
|
Materi 5 ESQ
|
8 Agustus 2010
|
8.00 – 10.00 wib
|
Arwani Amin, LC (Pimpinan Lembaga
ESQ Al-Mukaromah)
|
Materi 5 Motivasi
|
|
10.00 – 12.30 wib
|
Mas Fakhrudin Akhrozi (Mahasiswa
Perikanan UGM yang membuat Kerajinan Kulit Ikan Pari), Mas Margianto
(Mahasiswa Biologi UGM yang membuat Burjo Instan, Baso Bekicot, Nata de
Cassava dari ubi kayu), dan Mas Indra Hariadi (Mahasiswa Ilmu Komputer
pemilik Dojo Hotspot)
|
|
Penutupan Bimbingan
|
|
12.3 0 – 13.30 wib
|
Drs. Sudibyo,SE, MM (Direktur
Utama PT. Taruna Mekar)
, Tim Humas
|
|
9
|
Masa Pembagian Insentif
|
9 – 13 Agustus 2010
|
08.00 – 16.00
|
Tim Humas
|
10
|
Masa Pelaksanaan, Pengawasan, dan
Evaluasi 1
|
15 Agustus – 19 September 2010
|
|
Tim Humas
|
11
|
Silaturahmi, Pemberian
penghargaan, dan inagurasi “Laskar Tameng”
|
26 Sepember 2010
|
09. 00 – 13.30 wib
|
PT. Taruna Mekar
|
12
|
Masa Pengawasan dan Evaluasi 2
|
Sejak inagurasi sampai pelaksanaan
Program selanjutnya
|
|
|
13
|
Rapat Evaluasi Tim Humas dan
Direksi
|
28 September 2010
|
|
|
6.
Rencana Anggaran
No
|
BIDANG/HAL
|
Qty
|
Nominal
|
Jumlah
|
I
|
KESEKRETARIATAN
|
|
|
|
1
|
Kop Surat, amplop, alat
tulis
|
-
|
Rp
150.000,00
|
Rp
150.000,00
|
2
|
Penggandaan
Proposal
|
-
|
Rp
120.000,00
|
Rp
120.000,00
|
3
|
Printing
|
-
|
Rp
115.000,00
|
Rp
115.000,00
|
4
|
Foto kopi dan
jilid
|
-
|
Rp
125.000,00
|
Rp
125.000,00
|
5
|
Cocard panitia dan peserta
|
250
|
Rp
1.000,00
|
Rp
250.000,00
|
Total
|
|
|
Rp
760.000,00
|
|
II
|
KEUANGAN
|
|
|
|
1
|
Administrasi
keuangan
|
-
|
Rp
200.000,00
|
Rp
200.000,00
|
Total
|
|
|
Rp
200.000,00
|
|
III
|
ACARA DAN PROGRAM
|
|
|
|
1
|
Sertifikat
|
250
|
Rp
3.000,00
|
Rp
750.000,00
|
2
|
Materi Pertemuan
Teknis
|
-
|
Rp
500.000,00
|
Rp
500.000,00
|
3
|
Honor Pembicara Wirausaha
|
2
|
Rp 8.000.000,00
|
Rp 16.000.000,00
|
4
|
Honor Pembicara ESQ
|
1
|
Rp 6.000.000,00
|
Rp 6.000.000,00
|
5
|
Honor Pembiacara Motivasi 1
|
4
|
Rp 1.500.000,00
|
Rp 6.000.000,00
|
6
|
Honor Pembicara Motivasi 2
|
3
|
Rp
750.000,00
|
Rp 2.250.000,00
|
7
|
Insentif
|
225
|
Rp 2.000.000,00
|
Rp450.000.000,00
|
8
|
Inagurasi
|
1
|
Rp100.000.000,00
|
Rp100.000.000,00
|
Total
|
|
|
Rp581.500.000,00
|
|
IV
|
LOGISTIK
|
|
|
|
1
|
Sewa Gedung
|
7
|
Rp
700.000,00
|
Rp 4.900.000,00
|
2
|
Sound System
|
1
|
Rp 4.000.000,00
|
Rp 4.000.000,00
|
3
|
Spanduk acara
|
2
|
Rp
75.000,00
|
Rp
150.000,00
|
4
|
Dekorasi
|
-
|
Rp 1. 200.000,00
|
Rp 1.200.000,00
|
5
|
Publikasi dan Dokumentasi
|
-
|
Rp 2.000.000,00
|
Rp 2.000.000,00
|
6
|
Keamanan
|
2×3
|
Rp
25.000,00
|
Rp
150.000,00
|
7
|
Kebesihan
|
-
|
Rp
275.000,00
|
Rp
275.000,00
|
8
|
Konsumsi Sosialisasi (snack)
|
7 x 250
|
Rp
3.000,00
|
Rp 5.250.000,00
|
9
|
Konsumsi Sosialisasi (makan siang)
|
7x 250
|
Rp
7.000,00
|
Rp 12.250.000,00
|
10
|
Konsumsi pembicara (snack)
|
15
|
Rp
10.000,00
|
Rp
150.000,00
|
11
|
Konsumsi pembicara (makan siang)
|
15
|
Rp
12.000,00
|
Rp
180.000,00
|
12
|
Rapat Evaluasi
|
-
|
Rp 1.500.000,00
|
Rp 1.500.000,00
|
Total
|
|
|
Rp32.005.000,00
|
|
TOTAL KESELURUHAN
|
|
|
Rp614.465.000,00
|
Keterangan :
Seluruh dana akan dikeluarkan oleh PT. Taruna Mekar
dari Anggaran Belanja Tahunan 2010 sebesar Rp 614.465.000,00. Namun
perusahaan akan mendapatkan pengembalian dari nilai insentif Rp
450.000.000,00 sebesar lebih kurang Rp 405.000.000,00. Laporan lebih
rinci akan dijelaskan oleh bagian keuangan.
7.
Evaluasi Program
Setelah pelaksanaan kegiatan “LASKAR TAMENG” selesai
sebagaimana jadwal yang telah terbentuk, maka Tim Humas akan mengadakan
evaluasi bertahap, di antaranya ada tiga tahap utama. Pertama, tahap pengawasan
jangka pendek (Evaluasi 1/basic level). Kedua, tahap pengawasan jangka menengah
(Evaluasi 2/ intermediate level). Dan ketiga, tahap pengawasan jangka panjang
(Evaluasi 3/ advance level), yang merupakan tahap pengawasan jalannya usaha
masyarakat secara tidak langsung sampai dengan dilaksanakannya program serupa
di waktu yang akan datang.
Indikator keberhasilan tentu saja sesuai dengan tujuan
yang ada yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat dan kualitas hidup masyarakat.
Evaluasi disini menggunakan bentuk evaluasi kehumasan dan perusahaan.
Secara perusahaan yang dievaluasi adalah keuntungan yang di dapatkan (cost
efficiency) dan keberhasilan tujuan. Secara kehumasan evaluasi akan fokus
pada goal achievment, measurement of improvement and results, unplaned
results dan unarticulated hope.
8.
Penutup
Semoga terselenggaranya Sosialisasi dan Pelaksanaan
Program “LASKAR TAMENG” yang diselenggarakan oleh PT. Taruna Mekar ini dapat
mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan
ekonomi warga dan kualitas hidup masyarakat Nogotirto, Sleman, Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar